Curahan Hati bunda



Cerai / talak adalah sesuatu yang halal / diperbolehkan jalan paling akhir untuk
memecahkan masalah keluarga tapi sangat dimurkai Allah karena menggoyang Ars-nya Allah yang letaknya dilangit ke 7 diatas laut.
(HR Abu dawud)





Setiap bunda denger kata “CERAI” yang teringat langsung masa kecil ku yang cukup di bilang pahit …. Orang tua bunda bercerai pada saat bunda dan kaka bunda berumur masih relative kecil untuk mengerti apa arti PISAH atau CERAI … yang bunda ngerti saat itu hanya kok mereka ga sayang aku lagi, kok mereka bisa ya menikah tanpai rasa cinta (pada akhirnya) sampai waktu berjalan sekian puluh tahun dan baru bunda bisa memahami kenapa mereka bercerai … tapi tetap saja 1001 alasan dan kebaikan yang timbul akibat perceraian, tetap meninggalkan jejak yang sangat perih untuk di ingat …. It’s really hurt me (=us) so’ …

Kenapa bunda mengingat lagi lembaran kelam ini, bunda sedih bunda denger kabar, salah satu keluarga dekat (dekat sekali) memutuskan untuk berpisah … dan setiap kali aku melihat anak semata wayang nya yang masih tergolong BALITA (5tahun)… bunda ga kuasa untuk tidak menangis … bunda langsung inget masa kecil bunda …. Di mana pada saat proses perceraian berlangsung …ga ada tempat untuk bunda bermanja manja … ga ada tempat untuk bunda minta kehangatan dan tidak ada senyuman lagi dipagi hari …yang bunda ingat hanya teriak teriakan atas keegoisan mereka (orang tua) …. Bunda terombang ambing kesana kemari untuk mencari curahan kasih sayang sebagai seorang anak kecil yang belum mengerti apapun tentang hal itu ….

Dan setiap kali alasan perceraian muncul …bagi bunda itu hanya keputusan yang mengada ada….. Lebih baik bercerai daripada Unhappy Married ! (salah satu alasan yang sering muncul) … Ga’ itu bukan alasan … harus nya mereka ingat dengan anak …. Harus nya mereka ingat akan kebaikan kebaikan pasangan nya …. Dan harus nya mereka mengadu kepada Allah SWT yang membenci perceraian sebelum memutuskan Semua nya berakhir …. Harus nya …..
Tapi kalau sudah egois yang berbicara …tak ada satupun yang bisa mencegah itu …. Dan Anak menjadi Korban Kembali …. Ya anak anak …. Anak anak yang selalu kita agungkan, anak anak yang selalu kita dambakan …anak anak yang selalu kita cintai ? ….. kalau sudah begini …. Harusnya orang tua bertanya Sudahkan kita memang benar2 mencintai anak2 kita ?

Dan setelah bunda tahu juga dalil nya jika perceraian itu memang halal adanya tapi sangat dibenci Allah … kenapa ? mungkin salah satu nya karena dampak perceraian itu untuk anak anak sangat tidak bagus … dan trauma yang mendalam yang tidak bisa dilupakan sampai anak itu besar …..

Finnaly ….

Bunda hanya bisa berdoa untuk kebaikan anak kamu …… andai masih bisa aku yang bagi mu (mungkin) bukan siapa siapa, ini memohon …. Jangan jangan lakukan itu untuk anak mu …. Aku ga’ pernah tega melihat nya menanggung sedih .... :(

Just because I really love you All .....